kiwi

Sharing Ilmu ttg kiwi:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hasil penelitian University of Otago, Selandia Baru menunjukkan vitamin C pada buah kiwi terbukti lima kali lebih efektif diserap oleh tubuh dibandingkan vitamin C dari suplemen. Buah Kiwi memiliki kandungan buah vitamin C berkadar tinggi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Peneliti Health Science Zespri Internasional dari Selandia Baru, Lynley Drummond, mengatakan buah kiwi juga sarat gizi. Kiwi bermanfaat sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi.

“Buah ini juga sarat phytonutrients yang baik bagi kesehatan, karena akan menghasilkan polyphenols sebagai antioksidan bagi tubuh, enzim untuk pencernaan dan karotenoids yang bermanfaat sebagai antioksidan dan kesehatan mata,” katanya.

Selain itu, menurut dia, buah kiwi menyediakan gizi paling banyak dengan kalori sedikit jika dibandingkan dengan jeruk, pisang, dan apel. “Karena itu buah kiwi merupakan salah satu pilihan untuk orang-orang yang sedang berdiet,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Inge Permadhi MS SpGK yang mengatakan, buah kiwi merupakan sumber air dan elektrolit, energi, vitamin, dan antioksidan.

“Sekitar 70 persen tubuh manusia mengandung air. Jika tiba-tiba diare, maka bagian tubuh yang berisiko adalah gagal ginjal. Terutama pada orang lanjut usia, juga saat mengalami muntah,” kata Inge Permadhi.

Ia menyebut satu buah kiwi mengandung serat empat gram. “Maka harus makan sekitar delapan buah untuk memenuhi kebutuhan serat 30 gram,” papar Inge.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: